JOGJA FOOD REVIEW

Di awal bulan Agustus ini, gue mau sedikit throwback di agustus tahun 2016 kemarin pas gue jalan2 ke Yogyakarta. Telat banget sih baru di review sekarang ini, padahal perginya udah sekitar pertengahan tahun lalu. Tp it’s oke!

Source : Indonesia Tourism

Yogyakarta merupakan kota pelajar dan kota destinasi wisata. So…wajar disini banyak banget tempat kulinernya dari makanan khas daerahnya sendiri, misalnya Gudeg sampai western food juga udah ada disini. Harganya sendiri untuk di beberapa tempat di Jogja ada yang harganya menurut gue udah harga Jakarta tapi mostly masih terjangkau kok 🙂

Selama gue di Jogja, gue sempet datang ke beberapa tempat di Jogja yg lagi hype banget buat wisata kuliner. Pertama, gue nyobain Bakmi Jawa Pak Pele yg ada di Alun-alun kidul utara, makan disini bisa lesehan di taman alun-alunnya dan ramenya minta ampun! Buat Food Lovers yg bener2 laper gue saranin kalian beli cemilan/snack buat ganjal perut dulu karena rame dan lama banget. FYI disini masaknya bukan pake kompor gas, tapi pake tungku tanah liat yg di kipas2 secara manual.

To be honest, rasa bakmi godoknya sedikit amis mungkin karena disini pake ayam kampung bukan ayam negeri sedangkan untuk rasa kuah sih kaldu banget! First time cobain Bakmi Jawa yang cukup terkenal di Jogja ini, gue nilai dari 1-5 akan gue kasih 3 kali ya, karena sedikit amis jadi mengurangi rasanya. Sedangkan untuk harganya sendiri, menurut gue Bakmi Jawa Pak Pele ini agak mahal ya Food Lovers sekitar 25ribuan – 30ribuan per-porsinya

Setelah cobain Bakmi Jawa Pak Pele gue ke Alun-Alun Kidul buat naik mobil becak lampu warna-warni yang suara sound systemnya nge-bass banget. Harga naik mobil-mobilan ini sekitar 40ribuan untuk 1x putaran (mungkin kalo orang asli sana dan bisa bahasa Jawa akan dimurahin harganya) dan ini manual ya, kalian harus goes sendiri seperti naik sepeda/nge-becak

Selesai naik mobil becak, gue melihat ada sebuah gerobak kopi disana namanya Koling = Kopi Keling. Jadi Koling nih semacam pedagang kopi keliling pakai gerobak seperti coffee shop keliling jatuhnya (coba liat foto dibawah ini)

Gerobak Koling

Harga kopi  Koling ini terjangkau banget masih belasan ribu per-cup nya sangat murah untuk sebuah kopi racikan dan taste nya lumayan kok. Pokoknya Koling nih a unique concept of coffee shop banget, salut deh sama foundernya!

koling = kopi keliling

 

ANOTHER DAY…

Single Mingle 30K

Hari berikutnya gue cobain Doodle Burger Factory yaitu Burger warna-warni yang terkenal dikalangan anak muda di Jogja, apalagi di daerah ini juga terdapat banyak tempat makan lainnya. Letaknya di jalan Moses Gatotkaca no. B4-B6, Mrican, Sleman, Yogyakarta, tempat makan ini memiliki American Burger yang unik. Disini kita bisa memilih mau roti warna apa, tersedia warna cokelat (yang biasa), biru, pink, merah, dll.

Harga burgernya sendiri start from IDR 22K sampai IDR 50K, terdiri dari: Single, Double dan Triple. Sedangkan  untuk rasanya so so lah, dan roti burgernya menurut gue kurang karena hanya cantik di tampilan aja yang warna warni. I still love burger m*d, burger k*ng atau carl* JR

Oh ya Food Lovers, ke Jogja belum lengkap rasanya kalo ga beli Bakpia!

Sebelum ke Jogja, salah satu shopping list gue adalah beli Bakpiaku yg terkenal banget di Instagram. Food Lovers bisa cek IG mereka di @bakpiaku

Source : Bakpiaku.com

Rasanya the best banget, teksturnya tuh lembut dan padet apalagi yang rasa keju enak banget! dan menjadi salah satu Best seller mereka. Selain itu Bakpiaku juga ada rasa Green Tea, Susu, Cokelat, Cappuccino dan Kacang Hijau. Bakpiaku juga bisa dibeli online loh, Food Lovers bisa kunjungi website mereka di www. bakpiaku.com atau di www.kamumau.com Untuk kisaran harga Bakpiaku ini, dari 13ribuan yg isi 5 pcs sampai 40ribuan yg isi 20 pcs.

Selain itu Bakpiaku ini juga bisa dibeli di toko oleh2 “Dagelan” di Malioboro Mall lantai GF.

Karena banyaknya merek bakpia di Jogja, salah satu yang gue cobain lainnya adalah Bakpiapia yang juga terkenal! Kalo Bakpiapia ini terkenal dengan Bakpia Blasteran, yang katanya sih punya 3 lapis rasa gitu Food Lovers! 

Source: Bakpiapia.com

Jadi di Bakpiapia ini terdapat 3 varian: Single Bakpiapia, Blasteran Bakpiapia dan Kepyar Ampyang. Untuk kisaran harganya start dari 20ribuan, dan di toko Bakpiapia ini 1 dus bisa di mix dengan beberapa rasa loh! Tokonya sendiri terletak di Jalan Mataram, Suryatmajan, Danurejan (depan distro2 baju)

Untuk merek bakpia yang memang sudah established lama, sorry kali ini gak di beli dulu karena udah sering juga dimakan so… kali ini memang sengaja beli bakpia dari merek lain yang emang lagi hype banget

Terakhir sebelum gue balik lagi ke Jakarta gue sempet mampir ke Lagani Coffee & Co yang terletak di jalan Cendrawasih Komplek kolombo No 4, Sleman dan Wonderlust Coffee di Sosrowijayan Wetan Gang 1 (GT 1/95)

Iced Red Velvet Blend

Di Lagani Coffee & Co ambience nya oke banget buat nongkrong, lantai dan interior ruangannya pun di design vintage modern. By the way, gue pesen salah satu minuman non-coffee yg direkomendasikan oleh teman gue, yaitu Iced Red Velvet Blend kisaran harganya 20ribuan. Sedangkan di Wanderlust Coffee gue pesan, watermelon juice karena literally haus banget saat itu. Wanderlust Coffee letaknya nih di dalam gang, seperti rumah tapi di modif jadi kedai kopi dan banyak bule backpacker mampir disini buat sekedar browsing, nongkrong, bahkan waktu gue kesana ada food blogger juga kayanya yg lagi review.

Tempatnya tenang karena jauh dari keramaian, baristanya juga ramah dan asik di ajak ngobrol dan yang pastinya disni not pricey apalagi mereka juga punya promo buat pengunjung mereka, kaya waktu itu sedang ada promo potongan harga kalau posting di instagram

Wanderlust Coffee Division. Source: tripadvisor

Overall Jogja adalah salah satu tempat destinasi wisata wajib di pulau jawa buat kalian kunjungi! selain banyak destinasi wisata seperti candi prambanan, candi borobudur, keraton jogja, taman sari, dll. Disini pun banyak tempat makan buat dijadiin ber-wisata kuliner ria dengan harga yang masih terjangkau! Jadi tunggu apalagi kan? ditambah bulan Agustus 2017 ini di Jogja akan ada Prambanan Jazz wah ga kebayang ramenya Kota Jogja nanti…

See u on next post!

 

-GreZz-

Leave a Reply

